Sejak 20 02 2022

"Sejak 20 02 2022 tulisan-tulisan dalam blog ini merupakan pacuan untuk diri saya sendiri. Ditulis khususnya untuk mengingatkan diri sendiri."

Thursday, February 3, 2022

Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Aku Pikirkan dari Sisi Pencarian Google


Biasa aku lihat-lihat saat meriset beberapa kata kunci berhubungan dengan makanan atau minuman maka yang biasa aku temukan buanyak pencarian adalah perihal:

  • Makanan khas daerah
  • Kuliner
  • Restoran enak
  • Oleh-oleh | bukan olehmu... iya kamu
Jadi biasa aku menghubungkan produk masakan tersebut dengan keyword khas - kuliner - oleh2 daerah tersebut. Walau sebenarnya entah itu makanan baru yang orang kota tersebut belum tentu mengenalinya. Ya kita perkenalkan.

Coba saja.

Biasanya manjur. Buat penasaran.

Cuma ku sarankan. Tiap 6 bulan ada varian 'menu' baru.

Iya bener, biasanya manjur.

Strategi Pemasaran Produk yang Aku Bisa Pahami dan Lakukan


Aku pernah coba beberapa cara. Perihal jualan. Dengan harapan bisa laku banyak. Banyak sekali hingga lebih cukup untuk memenuhi kebutuhan banyak orang termasuk diriku atau kebutuhan yang tiba-tiba 'merasa butuh' saat punya uang.

Aku jatuh cinta pada transaksi. Aku juga menikmati proses membangun kemungkinan-kemungkinan akan terjadinya transksi. Dengan caraku. Dengan cara menemukan kata atau kalimat yang terlintas dalam benak konsumen saat membahas perihal itu. Keyword, namanya.

Lalu keyword-keyword tersebut aku kumpulkan dan timang-timang. Aku perkenalkan dia dengan bisnisku atau bisnis klien-klienku. Aku akrabkan. Aku munculkan keakraban mereka dihalaman awal google.

Cuma itu mungkin yang benar bisa kupahami. Dan kulakukan.

Serahkan saja pada ahlinya. Minta garansi. Selesai masalah Anda.

Seorang Pemasar



Menurut wikipedia, Pemasar adalah seseorang yang bekerja dibidang pemasaran memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju. 
Dapat pula dikatakan bahwa seorang pemasar adalah seseorang yang membuat (mendesain), serta menjalankan suatu Kampanye Pemasaran, atau seseorang yang melakukan penawaran atas barang/jasa di suatu pasar / Market (offline/online).

Ya kurang lebih itulah saya. Saya adalah seorang pemasar. Walau tidak semua ilmu atau praktek channel pemasaran saya kuasai. Namun saya hidup dari bidang ini. Bukan perihal kapasitas atau kualitas. Namun bidang yang digeluti. Setidaknya beberapa klien yang kemudian mengucapkan terima kasih atas omset usaha mereka yang meningkat. Setidaknya ratusan murid yang kemudian hidup dan bersandar dari ilmu yang sama yang pernah saya sharingkan. Ya, saya seorang pemasar.