Sejak 20 02 2022

"Sejak 20 02 2022 tulisan-tulisan dalam blog ini merupakan pacuan untuk diri saya sendiri. Ditulis khususnya untuk mengingatkan diri sendiri."

Saturday, August 21, 2021

Sekarang Trendnya Jualan Solusi, Bukan Sekedar Jualan Barang atau Jasa


Sekarang Trendnya Jualan Solusi, Bukan Sekedar Jualan Barang atau Jasa

Apa yang kamu perjuangkan saat ini? Ini perihal yang kamu lakukan dari pagi sampai pagi lagi mungkin. Yang pikiranmu bawa kemana-mana sementara kamu ada dimana-mana. 
Kalau sekedar bagaimana cara membuat dirimu tambah kaya, sepertinya ga banyak yang mendukung. Tapi kalau bagaimana supaya semua orang menjadi kaya, bisa jadi banyak yang mendukung.

Sebagai figur semua orang, pemimpin harus bisa menunjukkan bahwa dia bukan hanya peduli akan peningkatan kekayaannya, namun peduli akan kesejahteraan semua orang yang menganggapnya sebagai pemimpin. Jika dia butuh kejutan demi kejutan pencapaian lebih banyak.

Ada beberapa orang sukses dengan menjual sesuatu yang dia suka. Ada beberapa lain sukses dengan menjual sesuatu yang dia tidak suka namun dia tahu bahwa apa yang dia jual itu banyak yang suka. Aku ga yakin semua pendiri pabrik rokok adalah seorang perokok aktif.

Solusi apa yang kamu tawarkan? Apakah solusimu lebih baik daripada solusi kompetitormu? Apakah orang-orang yang membutuhkan solusimu tahu bahwa kamu ada?


Yohan Wibisono
Pada suatu hari 

Ilmu Afirmasi


Ilmu Afirmasi

Dulu setiap aku ditanya orang perihal apa inginku, aku selalu menjawab: bisnis triliun. Dan Alhamdulillah kini aku berada di bisnis triliunan. Maksudnya bosku dapat triliunan, aku didalamnya, jadi penonton. #Kidding

Dulu saat tempat tinggal kami di apartemen dan sekolah anak-anak kami cukup merepotkan kami untuk antar jemput setiap harinya. Kami berharap punya rumah dekat sekolah anak-anak kami. Dan pada saat kami menemukan rumah idaman kami didepan sekolah dan masjid, wah kami kegirangan dan berusaha mengafirmasikannya. Kami berharap rumah tersebut segera dijual.

Dan Alhamdulillah beberapa waktu kemudian terpasang didepan pagar rumah idaman kami tersebut sebuah tulisan: Rumah Dijual, berikut dengan nomor telpon untuk menghubungi pemilik rumah.

Tapi kami lupa berdoa/ afirmasi bahwa kami punya kapasitas untuk membeli rumah itu. Ya akhirnya kami tidak bisa memiliki rumah itu.

Dalam afirmasi, terlalu berprasangka baik bahwa 'semesta' paham benar dengan maksud kita itu kayaknya kurang pas. Narasi dan feel kita memang benar-benar harus pas. Jenis 'semesta' ini kayaknya beda banget sama Tuhan yang Maha Tahu dan Paham segalanya.

Semenjak itu aku jarang berkomunikasi sama 'semesta' atau 'vibrasi' yang dimaksud oleh orang-orang itu. Aku ngobrol langsung sama yang paling Maha Mudheng atas segalanya walau bicaraku tertatih-tatih ga jelas. Aku percaya DIA PAHAM BENER.


Yohan Wibisono
Pada suatu hari

Semua Orang Memiliki Cerita untuk Diceritakan dan Ingin Didengarkan. Maka Dengarkan



Semua Orang Memiliki Cerita untuk Diceritakan dan Ingin Didengarkan. Maka Dengarkan

X: Bro, aku perlu ini untuk itu... 
Y: Kamu loh ga berperan disini

Hari itu perusahaan kehilangan potensi income 400 miliar tambahan. 

Beberapa luka batin yang kita tidak sadari membuat kita menjadi 'unik' dimata orang-orang. Karena tindakan kita menjadi tidak umum dan tidak masuk akal.

Aku pernah memarahi seseorang, bahkan aku pernah mengatur sedemikian rupa agar semua orang patuh padaku. Efeknya adalah semuanya berjalan baik-baik saja dan aku mendapatkan yang aku mau. 

Sebaliknya yang tidak aku dapatkan adalah potensi dan kemampuan terbaik orang-orangku tak pernah mereka keluarkan. Mereka main aman. Jadi saat mereka punya kontribusi 100 miliar mungkin, mereka hanya keluarkan standar yang dibutuhkan perusahaan untuk tetap gajian aman, 7 miliar misalnya.

Beberapa orang dianugerahi menjadi pemimpin. Beberapa yang lain dianugerahi menjadi pengikut. Pemimpin yang hebat tanpa pengikut yang hebat, mungkin tidak akan pernah kemana-mana. 


Yohan Wibisono
Pada suatu hari